Kamis, 24 Maret 2011

Misteri Mothman

Mothman, nama ini pasti sudah tak asing lagi bagi anda, sudah banyak sekali situs dan blog yang membahas makhluk aneh dan mengerikan ini. Makhluk ini juga serig dituduh sebagai pembawa bencana.


Mothman, atau biasanya disebut manusia ngengat ini telah meneror area Charleston dan Point pleasant di Virginia barat beberapa tahun silam. Para saksi mata sering dibuat ketakutan dan histeris oleh makhluk yang suka terbang ini.














Penampakan Mothman Di Point Pleasant dan sekitarnya


Mothman pertama kali dilihat pada tanggal 21 November 1966. Satu grup yang terdiri dari lima orang melihat seekor makhluk yang mereka katakan sebagai "Manusia coklat bersayap" terbang dari sebuah pohon melewati kepala mereka.


Penampakan kedua terjadi saat malam hari pada tanggal 15 November 1966,dua pasangan dari Point Pleasant, Roger dan Linda Scarberry dan Steve dan Mary Mallete sedang keluar menggunakan mobil milik Scarberry.

Mereka melewati area pabrik bekas Perang dunia 2 yang disebut TNT sekitar 7 mil dari Point Pleasant, mereka menyadar ada 2 mata merah bersinar pada bayangan di generator tua dekat Gerbang pabrik, mereka memberhentikan mobil dan melihat 2 mata merah itu dimiliki seekor hewan yang besar dengan ciri "Berbentuk seperti manusia, tapi lebih besar, tingginya sekitar 5 - 7 kaki, dengan sayap dilipat dipunggungnya" kata Roger Scarberry. Mereka langsung pergi dari tempat itu dengan mobil mereka menuju Rute 62.

Saat sedang menuju jalur keluar, mereka melihat makhluk itu lagi, berdiri di dekat jembatan. Makhluk itu melebarkan sayapnya dan terbang, mengikuti mobil mereka dengan kecepatan sekitar 100 Km/Jam.

Lalu Mereka pergi ke Rumah pengadilan Mason County dan memberitahu Deputi Sherrif Millard halstead yang kemudia berkata "Saya tahu tentang anak-anak ini, mereka tidak pernah membuat masalah dan malam ini mereka terlihat sangat ketakutan, saya menanggapi masalah mereka ini dengan serius" Sherrif pun mengikuti mobil Roger kembali ke pabrik TNT, tapi mereka tidak menemukan apapun.

Pada Malam yang sama, sekitar pukul 10.30 malam. Newell Partridge, seorang Kontraktor bangunan lokal, yang tinggal di Salem, sekitar 90 mil dari Point Pleasant, sedang menonton TV yang tiba-tiba layarnya menjadi hitam dan pola aneh mengisi layar tersebut. Dia mendengar suara dari luar rumahnya yang bersuara seperti generator. Anjing milik Newell, Bandit, mulai berputar-putar dan menggonggong di beranda depan.

Newell lalu melihat Bandit terfokus pada sebuah gudang jerami yang berjarak sekitar 150 yard dari rumahnya. Newell pun menyalakan senternya dan mengarahkannya pada gudang tersebut, terlihatlah dua buah lingkaran seperti mata yang menakutinya. Bandit yang sangat protektif itu berlari menuju tempat mata bersinar itu, Newell berusaha memanggil anjingnya untuk kembali tapi anjingnya tidak memperdulikannya.

Newell kembali kerumahnya dengan ketakutan, dua hari kemudian, saat Newell membaca koran, dikatakan di koran bahwa Roger Scarberry melihat seekor anjing besar di pinggir jalan sebelum mothman muncul. Mungkinkah ini tubuh Bandit?

Malam berikutnya, Bapak dan ibu Raymond Wamsley, dan ibu Marcella bennet beserta anaknya, Teena sedang dalam perjalanan ke rumah temannya, Ralph Thomas yang tinggal di Bungalow di antara Igloo (Bangunan berbentuk kubah yang digunakan untuk menyimpan senjata) di dekat TNT.

Saat mereka mau kembali ke mobil, sebuah figur muncul di belakang mobil. Bu Bennet mengatakan dia terlihat sedang berbaring, perlahan bangkit dari tanah, besar dan abu-abu, dengan mata merah menyala. Bennet hampir menjatuhkan anaknya, dia lalu kembali ke dalam rumah dengan ketakutan. Wamsley segera menelpon polisi saat temannya mendengar makhluk itu berjalan menuju beranda dan mengintip. Saat itu polisi yang sudah sampai dirumah tidak menemukan makhluk tersebut.

Tanggal 24 November, 4 orang melihat mothman terbang melintasi wilayah TNT.

Tanggal 25 November, Thomas Ury yang sedang mengendarai mobilnya melihat mothman Berdiri di jalan, makhluk itu terbang dan mengejar mobil Thomas.



tanggal 26 November, Ibu Ruth Foster dari Charleston, melihat Mothman berdiri di perkarangan depan rumahnya. Tapi makhluk itu hilang saat saudara tirinya keluar untuk melihat.

Mothman terlihat kembali pada 11 Januari 1967, beberapa penampakannya juga dilaporkan setelah runtuhnya Jembatan Silver Bridge pada tanggal 15 Desember 1967.

Bermula dari kemunculan mothman di peristiwa ini, dia sering dituduh sebagai pembawa bencana.

Siapakah Mothman Sebenarnya?

Dari Laporan diatas, bisa diketahui bahwa Mothman memiliki ciri - ciri seperti berbentuk seperti manusia bersayap, berarti Mothman bergerak dan memiliki 2 kaki, ini bisa menyangkal bahwa mothman adalah ngengat mengingat kaki pada ngengat terdapat 3 pasang kaki.

Berikutnya adalah matanya yang merah menyala, Ngengat biasanya memiliki corak berbentuk seperti mata pada bagian sayap guna menakuti pemangsanya, tapi dikatakan di laporan adalah "Matanya Bersinar" tidak hanya merah tapi juga bersinar. Anda pasti sering melihat hal seperti ini di lingkungan anda




Ini adalah mata kucing yang bersinar pada malam hari, Fenomena ini disebabkan adanya Tapetum Lucidum, Sebuah lapisan pada mata yang terletak dibelakang retina yang berguna melihat dalam kegelapan atau Night Vision,Lapisan ini hanya ada pada beberapa hewan vertebrata.

Sinar mata ini beragam, Sinar mata putih dimiliki Ikan, sinar biru dimiliki mamalia seperti kuda, sinar Kuning dimiliki mamalia seperti Kucing, Anjing, dan Rakun. Sedangkan Sinar mata merah dimiliki oleh Pengerat, Possum, dan burung.

Karena Mothman memiliki Sinar mata merah, bisa dikatakan Mothman adalah burung yang salah di Identifikasi. Masalahnya burung apakah itu?

Ciri berikutnya adalah tubuh Mothman, dia memiliki tubuh tinggi sekitar 5 - 7 kaki(152,4 cm - 213,6 cm) hewan ini pastinya besar, karena ukuran ini banyak orang yang mengira Mothman adalah seekor Sandhill Crane (Grus Canadensis). Berikut beritanya:



Penjelasan dari berita ini memang memungkinkan bahwa Mothman adalah seekor Sandhill Crane yang memiliki bentuk seperti ini:


Lihat, memang ada corak merah di sekitar matanya. Makhluk ini memang memenuhi ciri-ciri Mothman, yang berupa, bersayap, tubuh besar, dua kaki, mata merah menyala.

















Akan tetapi teori mengenai Sandhill Crane ini tidak memenuhi salah satu ciri mothman yaitu Tidak berkepala, beberapa saksi dan sketsa menggambarkan mothman tidak memiliki kepala. Tapi bagaimana dengan burung yang satu ini? lehernya panjang, jauh dari tidak berkepala.

Inilah Ciri yang sangat aneh untuk sang monster, tidak ada hewan yang tidak berkepala, terkecuali jika hewan tersebut memiliki leher pendek sehingga pada malam hari terlihat bahwa makhluk tersebut tidak berkepala atau hewan itu sedang menunduk, jika Sandhill Crane ini menunduk memang terlihat tidak berkepala, tapi apa selama dia dilihat orang burung ini selalu menunduk? saya rasa tidak. Pasti dia akan terlihat kepalanya, dan juga Mothman tidak memiliki ciri berleher panjang.





Saya sendiri lebih Condong kepada Burung Hantu dan Burung Elang, Burung hantu memiliki leher pendek sekali, seakan terlihat kepala dan tubuhnya menyatu, sehingga pada malam hari ketika manusia sulit melihat dalam kegelapan, orang akan tertipu oleh lehernya yang pendek ini. Warna tubuh burung ini terlihat agak keabu-abuan

Sayangnya Burung hantu tidak mencukupi ciri mothman yang memiliki tubuh tinggi besar, ukuran burung hantu kecil, terkecuali jika Burung hantu tersebut mengalami
Gigantisme atau Mutasi.
Barred Owl (Strix varia)






berikutnya  adalah  burung elang,  elang  memang  tidak  memiliki  leher sependek burung hantu tapi saya rasa cukup pendek untuk menipu orang di malam hari. Elang juga memiliki tubuh sepanjang 70 - 84 cm untuk Golden Eagle.


Elang juga memiliki kecepatan sekitar 50 -80 Km/jam. memang tidak bisa menandingi kecepatan mothman namun cukup mendekati. Ukuran tubuh burung ini pun kurang besar.
Golden Eagle (Aquila Chrysaetos)

Ditinjau Dari Segi Sketsa dan Foto


Inilah Sketsa Mothman yang sering dijumpai. berdasarkan sketsa ini, kita dapatkan semua ciri mothman diatas, semuanya benar, tapi lihat kepalanya dan sayapnya, sayap di sketsa sangat besar dibanding tubuhnya juga dilipat ke samping tubuh.


Sedangkan Kepalanya aneh, tinggi sayap lebih tinggi dari matanya, karena inilah dia dikatakan tidak berkepala.


Adakah hewan yang tidak berkepala? atau sayapnya lebih tinggi dari tinggi mata seharusnya?
saya rasa tidak ada.

Terkecuali sang makhluk menundukkan kepalanya, itupun seperti yang sudah saya katakan diatas, kurang mungkin hewan terus menerus menunduk. Hewan tersangka diatas juga tidak ada yang sayapnya melebihi tinggi mata.




Berikutnya adalah 2 foto yang disangka sebagai Mothman, ini sangat misterius, hanya makhluk terbang yang bisa naik ke atas jembatan dan jatuh dengan jarak cukup jauh dengan jembatan.







Tersangka Tambahan

 Adalah teori alternatif untuk mothman


MIB



Yang pertama yaitu Mothman sebenarnya adalah MIB, kelompok misterius berbaju hitam yang suka membuat saksi mata UFO untuk tutup mulut. Jika benar seperti ini, ada alasan mengapa Mothman biasanya berada di sekitar TNT, karena siapa tahu disana masih ada sisa senjata atau disimpan senjata rahasia disana. Dia menakuti orang yang melintas di daerah itu agar tidak mendekat.



Supernatural
Mothman diperkirakan adalah bagian dari kutukan Kepala suku Shawnee, Cornstalk di khianati oleh orang kulit putih, dia pun mengutuk tanah tersebut sebelum kematiannya yang sekarang menjadi Point Pleasant.

Untuk Cerita lengkap mengenai Kutukan Cornstalk bisa Klik disini

Spesies Baru
Dilihat dari ciri - cirinya, Monster yang satu ini memiliki ciri yang sulit ditemukan pada hewan biasa. Bisa saja Mothman adalah spesies baru.


Hewan zaman dulu




Mothman bisa dikatakan seekor makhluk zaman dahulu kala yang masih bertahan hidup hingga sekarang, Seperti burung raksasa Teratorn, berbentuk mirip seperti kondor tapi memiliki ukuran sangat besar. 




Mothman pun ternyata dinyatakan tidak hanya muncul di Point Pleasant dan sekitarnya, tapi juga di berbagai penjuru dunia, tentu nama panggilannya berbeda tapi memiliki ciri hampir sama


Mothman di penjuru dunia

Sudah banyak penampakan mothman, mereka dicirikan hampir sama, kehitaman, bersayap dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa penampakan dari sekian penampakan sang Mothman


Black Bird of Chernobyl

Chernobyl, sebuah area yng mengalami bencana besar yakni meledaknya reaktor nuklir yang menyapu kehidupan di sekitarnya, tapi dalam kecelakaan besar itu terdapat keanehan. kecelakaan ini terjadi saat tanggal 26 April 1986 di dekat Pripyat, Ukraina, Uni Soviet. Beberapa pekerja yang masih hidup disana menyatakan dia telah melihat seekor burung hitam besar dengan panjang sayap 20 kaki terbang menuju kepulan asap dari reaktor sebelum kecelakaan besar itu terjadi.

Makhluk ini dituduh sebagai Mothman karena dia muncul setelah terjadi bencana. Ditambah lebar sayap yang sangat besar, Beberapa teori menyatakan itu sebuah Bangau hitam, yang langka dan besar. Tapi teori ini disangkal, saksi mata sendiri mengatakan bahwa ciri burung ini tidak mirip seperti bangau hitam, Mungkinkah ini seekor Elang bermutasi? beberapa situs mengatakan makhluk ini tidak berkepala juga bermata merah.



Freiburg Shrieker


Freiburg adalah sebuah kota di Baden-Wuttenberg, Jerman. Freiberg dikelilingi oleh gunung yang dimanfaatkan sebagai tambang. Pada Awal pagi hari tanggal 10 september 1978, Para pekerja di salah satu Tambang disana Berjalan menuju pintu masuk Tambang, dimana mereka melihat seseorang memakai jas kulit. Tetapi, saat pekerja itu mendekat, orang itu membuka jasnya dan terlihatlah sayap besar di tubuh orang ini.


Makhluk ini berteriak seperti ada 50 orang berteriak atau suara kereta mengerem. Ketika para pekerja ini menjauhkan diri, makhluk itu kembali melipat sayapnya dan berdiri didepan pintu masuk Tambang. Para pekerja itu menyibukkan dirinya sambil berharap makhluk itu pergi. Sekitar pukul 8 pagi, terjadilah sebuah ledakan besar di tambang, mereka pun segera berlari menuju pintu masuk untuk melihat makhluk misterius tersebut.


Akan tetapi, sang monster menghilang begitu saja, juga muncul kepulan asap dan api sisa dari ledakan. Para pekerja tadi pun mengalami kejadian aneh terus menerus.


Makhluk ini bisa dibilang cocok untuk MIB, mengingat dia menjaga pintu Tambang bahkan sampai berteriak sangat keras, teriakannya ini bisa disebabkan oleh Tremolo Effect yang bisa mengatur bahkan mengeraskan suara.


Makhluk ini terlihat memakai jas kulit, apa dia manusia? yang menginginkan sesuatu dari tambang? dan yang mengherankan, si monster bisa hilang begitu saja, entah dia habis terbakar atau memang hilang. Tapi jika ledakan itu terjadi didekat pintu, maka bisa saja si Monster terbakar habis.


Mothman Juga dikatakan muncul sebelum hancurnya gedung WTC pada peristiwa 9/11

Bisa dilihat di foto, tapak seekor makhluk terbang melintas. Makhluk itu mirip mothman, tidak berkepala, jika dilihat lebih jelas, maka tampak sayap di bagian kanan dengan kiri yang kiri lebih buram yang mengartikan jarak sayap kiri dengan lensa menjauh. Saya melihatnya begitu. Tambah lagi makhluk ini muncul sebelum terjadinya sebuah peristiwa besar.

Jika ingin membaca penampakan makhluk mirip mothman lebih lanjut silakan Klik Disini



Hubungan Mothman Dengan Cryptid Lain

Thunderbird
Thunderbird, burung ini sering ada dalam legenda indian, Burung raksasa yang bisa memunculkan petir dengan kepakan sayapnya yang besar, Besar tubuh serta warnanya bisa disamakan dengan mothman.


Lihat, besar tubuhnya lebih dari manusia biasa, juga sayapnya yang besar dan lebar. Tapi menurut saya Thunderbird lebih mirip pada Black Bird of Chernobyl, dikatakan bahwa Black bird memiliki lebar sayap sekitar 20 kaki dan thuderbird ini cukup mewakili






Owlman
Owlman dengan mothman mempunyai beberapa kesamaan ciri
Sketsa disamping adalah sketsa dari saksi mata yang melihat Owlman di Mawnan, Cornwall sekitar tahun 1976. Makhluk ini terlihat lebih jelas dari Mothman, manusia bersayap, mata merah tapi memiliki cakar dan Mulut lebar. Sayangnya mulutnya yang lebar ini membuatnya aneh. Dia juga tidak menebarkan bencana.






Ada foto terbaru yang diduga adalah Mothman

Foto ini diambil oleh Abbey Linfoot di Nuremberg, Jerman dan dipublikasikan tanggal 23 september 2010. Foto ini mungkin terlihat sebagai kesalahan karema atau efek cahaya, Tapi bagaimana jika foto ini benar-benar mothman?

Mothman disangka kedatangannya akan membawa bencana, dan pada tanggal 5 Septembernya, terjadi suatu kecelakaan pesawat terbang di lapangan terbang Jerman yang terdapat di dekat Nuremberg. Kecelakaan ini memakan korban jiwa dan beberapa korban lain mengalami luka-luka.

Tapi dari Foto, terlihat sayap makhluk ini kecil tidak seperti mothman yang bersayap besar. Matanya juga merah. Tapi kelihatannya foto ini tidak terlalu meyakinkan bahwa si monster di foto adalah mothman.

Mothman ini memang aneh, bisa dilihat di penampakan mothman di penjuru dunia diatas, jika makhluk yang dilihat di dunia tersebut benar mothman, maka mothman akan jadi lebih misterius lagi dengan umurnya yang panjang.


Selama bertahun-tahun Mothman selalu muncul di dunia, berarti umurnya panjang dan juga persebaran mothman sangatkah luas, dari Ukraina, lalu ke China, Amerika dan sebagainya. Ditambah lagi jika dia tidak berumur panjang maka dia akan bereproduksi, menghasilkan suatu Mothman baru. Tapi kemanakah bangkai mothman itu? apakah sudah terurai? apakah dia menyembunyikan dirinya di suatu tempat yang tidak diketahui orang banyak?

Masih banyak pertanyaan mengenai mothman ini, tapi untuk sementara saya menyimpulkannya sebagai burung yang misidentifikasi. Tulisan ini mungkin akan Update jika saya mendapat info lebih lanjut.
sekian



SOURCE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar